Buy now tanskin discont up -20%

Top
kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat

Memiliki jerawat tentunya jadi problema bagi perempuan. Selain timbul rasa nyeri di sekitar benjolan, jerawat juga berpotensi bikin seseorang jadi tampil kurang percaya diri. Tak hanya itu, jerawat yang selesai meradang juga berpotensi meninggalkan dark spot. Biasanya, jenis bekas jerawat ini ditandai dengan perubahan warna lebih gelap di sekitar benjolan, sehingga warna kulit terlihat tidak rata.

Meskipun begitu, TSquad nggak perlu khawatir lagi, hal tersebut bisa diatasi dengan mengetahui jenis, penyebab dan berbagai kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Lantas apa saja kandungannya? Baca artikel kami dibawah ini ya!

Apa Itu Bekas Jerawat?

tentang bekas jerawat

Bekas jerawat merupakan kondisi saat kulit wajah mengalami perubahan tekstur dan warna akibat peradangan pasca jerawat timbul. Bentuknya pun bermacam-macam. Bisa berupa scar atau pun noda merah dan hitam yang dapat mengganggu penampilan.

Mengapa Sih Bekas Jerawat Muncul?

Bekas jerawat biasanya muncul setelah jerawat sembuh. Saat jerawat meradang, dapat merusak kulit dan meninggalkan bekas luka. Tingkat keparahan bekas jerawat biasanya tergantung pada tingkat inflamasi jerawat itu sendiri. Jerawat yang lebih parah cenderung meninggalkan bekas luka yang lebih dalam dan lebih tampak.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi munculnya bekas jerawat, seperti genetika, jenis kulit, dan perawatan jerawat. Misalnya, orang dengan kulit berpigmen gelap cenderung lebih rentan terhadap bekas jerawat dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit lebih terang. Selain itu, memencet atau memanipulasi jerawat juga dapat memperburuk kondisi dan meningkatkan risiko bekas luka.

Apa Saja Jenis Bekas Jerawat?

1. Hyperpigmentation Scars

Bekas jerawat berupa perubahan warna pada kulit akibat produksi melanin berlebih setelah peradangan jerawat. Jenis bekas jerawat ini tidak berbahaya. Namun, cukup mengganggu penampilan apabila dibiarkan. 

2. Rolling Scars

Jenis bekas jerawat ini memiliki bentuk yang cenderung dangkal dan naik turun seperti berombak. Biasanya, rolling scars timbul pada area kulit yang tebal.

3. Boxcar Scars

Boxcar scar terjadi akibat produksi kolagen yang terlalu sedikit sehingga menimbulkan bekas berupa lekukan bulat dengan warna merah. Jenis bekas jerawat ini masuk ke dalam luka atrofi yang membuat warna kulit tidak dapat kembali ke semula. 

4. Ice Pick Scars

Ice pick scars terbentuk akibat peradangan cystic acne. Jenis bekas jerawat ini butuh waktu lama untuk diobati, sebab luka yang terbentuk tergolong dalam dan mencapai lapisan dermis. 

5. Keloid Scars

Jenis bekas jerawat yang terakhir adalah keloid scars. Jenis bekas jerawat ini berupa tonjolan berwarna kemerahan atau lebih gelap di kulit yang terjadi akibat produksi kolagen berlebih akibat peradangan jerawat.

Baca juga ya! 8 Kandungan Skincare untuk Memutihkan Wajah yang Harus Kamu Tau

7 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Saat ini, ada beragam skincare yang dijual di pasaran. Namun, tak semua kandungan itu cocok dan tepat untuk kulit wajahmu. Sebaiknya, sebelum membeli produknya, Teman TSquad perlu memastikan bahwa kandungan yang ada mampu mengatasi permasalahan dan sesuai tipe kulitmu. Jangan sampai, produk yang terlanjur dibeli, tidak dapat dipakai sampai habis karena kandungannya tidak cocok.

Untuk memudahkan kamu, TSquad sudah menyediakan daftar kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Yuk, baca sampai habis!

1. Fuji Sakura Essence

Fuji Sakura Essence

Kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang patut semua TSquad coba adalah Fuji Sakura Essence. Faktanya, kandungan terbaik khas Jepang yang terdiri dari Sakura Lead Extract dan Licorice ini dikenal efektif dalam menghambat sintesis penentu warna kulit (melanin). Jadi, kalau produksi melanin terkontrol, bintik hitam pun otomatis dapat tersamarkan dan wajahmu terlihat 1 tone lebih cerah. Hihi 

2. Salicylic Acid

Tak hanya mampu mengatasi jerawat, Salicylic Acid juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat di wajah, lho! Soalnya, kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang satu ini mampu membersihkan pori-pori kulit sehingga wajah jadi lebih bersih, cerah, dan ruam kemerahan pun tersamarkan. 

3. Double Hyaluronic Acid

Terkenal karena memiliki banyak manfaat, Double Hyaluronic Acid juga mampu menyamarkan bekas jerawat, lho, TSquad. Hal ini karena Double Hyaluronic Acid memiliki dua kandungan yang kaya antioksidan, seperti, Sodium Hyaluronate yang mampu mempertahankan kulit agar tetap lembut dan Acetylated Sodium Hyaluroniate yang mampu menjaga kelembapan kulit bertahan lama. Kalau kulit terhidrasi dengan optimal, proses penyembuhan jerawat dapat berjalan lebih cepat deh!

Tidak hanya double, di Tanskin terdapat Day Barrier Cream sebagai pelembap pagimu dengan 4x Hyaluronic Acid yang mampu menjaga kelembapan jauh lebih lama! Cocok untuk kamu yang suka beraktivitas di outdoor apalagi indoor.

4. Clay

Clay untuk jerawat

TSquad pastinya sudah familiar dengan kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang satu ini bukan? Clay atau tanah liat merupakan bahan yang mampu mengurangi produksi minyak pada wajah, serta menenangkan kulit akibat iritasi.

Tak hanya itu saja, clay juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori secara menyeluruh, lho! Sehingga, tampilan bekas jerawat di wajahmu pun mampu tersamarkan.

5. Centella Asiatica

Bila TSquad ingin menghilangkan bekas jerawat, kamu wajib coba produk yang mengandung Centella Asiatica nih! Dikenal dengan nama cica alias daun pegagan, Centella Asiatica mengandung zat saponinflavonoidphenolic acid, dan terpenoid. Keempat zat tersebut ampuh dalam mengatasi kondisi kulit berjerawat, sehingga pemulihan sel kulit menjadi lebih cepat dan bekas jerawat segera tersamarkan.

Glass Skin Series dari Tankin Skincare dikhususkan untuk membantu menyembuhkan luka seperti jerawat sangat ampuh untuk kamu coba. Tidak hanya centella asiatica extract, tapi juga dikombinasikan dengan dill extract dan arugula extract ampuh banget dan bisa meredakan iritasi jauh lebih cepat! Cobain deh kalau ga percaya.

glass-skin-series-3-usp
Glass Skin Series, skincare khusus untuk menyembuhkan membantu jerawat hilang jauh lebih cepat!

6. Lactic Acid

Khawatir pakai skincare dengan kandungan acid? Tenang! Acid yang satu ini aman kok di kulit. Kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat ini masuk dalam golongan AHA yang mampu mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Belum lagi, Lactic Acid sangat ampuh dalam meminimalisir tampilan bekas jerawat sehingga kulit jadi terlihat lebih halus deh.

Baca juga ya! Penting! ini 7 Kandungan Skincare yang Menyebabkan Jerawat

7. Niacinamide

niacinamide untuk bekas jerawat

Kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah Niacinamide. Memiliki kemampuan dalam meningkatkan produksi kolagen, Vitamin B3 ini mampu memperkuat skin barrier, meratakan bekas jerawat kemerahan dan mengurangi peradangan. Makanya, jangan heran bila TSquad menemukan banyak produk yang mengandung Niacinamide. Soalnya, kandungan ini memang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga noda hitam tersamarkan. 

Itu dia kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, perlu diingat bahwa, tidak semua kandungan tersebut cocok untuk kulitmu. Sekali lagi, TSquad ingatkan untuk memastikan kandungan yang kamu pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kulit wajahmu ya.

Cara Memilih Skincare yang Tepat untuk Bekas Jerawat

Memilih produk skincare yang tepat untuk bekas jerawat bisa menjadi tantangan, terutama dengan begitu banyaknya produk yang tersedia di pasaran.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu dalam proses ini:

Mengenali Jenis Kulit

Ini adalah langkah pertama dan paling penting dalam memilih produk skincare. Produk yang bekerja dengan baik untuk kulit berminyak mungkin tidak akan bekerja sama baiknya untuk kulit kering, dan sebaliknya.

Baca Label Produk

Cari produk yang mengandung bahan-bahan yang telah terbukti efektif dalam menghilangkan bekas jerawat, seperti retinol, vitamin C, dan niacinamide.

Coba Sampel

Jika memungkinkan, coba sampel produk sebelum membeli ukuran penuh. Ini dapat membantumu mengetahui apakah kulit bereaksi baik terhadap produk tersebut.

Bersabar

Ingatlah bahwa menghilangkan bekas jerawat membutuhkan waktu. Jangan berharap melihat hasil instan setelah menggunakan produk baru. Biasanya, kamu perlu menggunakan produk secara konsisten selama beberapa minggu atau bulan sebelum melihat perubahan yang signifikan.

Menghilangkan bekas jerawat bisa menjadi tantangan, tetapi dengan produk skincare yang tepat dan rutinitas yang konsisten, kamu bisa mencapai kulit yang lebih cerah dan lebih sehat. Ingatlah bahwa tidak ada solusi instan untuk bekas jerawat, dan membutuhkan waktu dan kesabaran untuk melihat hasil yang signifikan.

Penting juga untuk menjaga gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang, tidur yang cukup dan mengurangi stres. Tentunya semua ini dapat membantu kulit tampak lebih baik dari dalam.

Jika merasa tidak yakin tentang produk skincare mana yang harus digunakan, atau jika bekas jerawat tidak membaik setelah beberapa bulan menggunakan produk skincare, sebaiknya kamu bisa chat dengan CS TAN Skin untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang cocok untuk kamu. Kita di Tanskin dapat memberikan saran yang lebih spesifik dan personal untuk kondisi kulitmu. Selamat mencoba ya!

Post a Comment

Follow Us Our Social Media

Pages

Shop

Help

You don't have permission to register

Reset Password