Buy now tanskin discont up -20%

Top
cara mengatasi wajah breakout

Pernah mengalami timbulnya jerawat di wajah secara mendadak? Well, itu masuk dalam kategori breakout, TSquad. Kondisi yang ditandai dengan timbul peradangan dan kemerahan di wajah ini ini terjadi akibat ketidakcocokan akan kandungan produk tertentu. Kalau dibiarkan lama-lama, tentunya hal ini bisa mengganggu kepercayaan diri ya, TSquad!

Namun, kamu ngggak usah khawatir soalnya hal ini bisa diatasi kok. Untuk itu, yuk, cari tahu cara atasi wajah breakout tanpa repot pada artikel berikut bersama Tanskin.

Poin-Poin Penting

  • Menggunakan produk pembersih wajah yang lembut, seperti Cleansing Gel Face Wash dengan 4x Hyaluronic Acid, untuk membersihkan wajah secara efektif sambil menjaga kelembapan kulit.
  • Menghindari pemakaian makeup selama periode breakout, khususnya bagi kulit sensitif, untuk memungkinkan kulit bernapas dan menetralkan kondisi kulit.
  • Memilih pelembap dengan label “non-comedogenic” agar aman untuk kulit berjerawat, berminyak, kering, atau kombinasi, karena tidak akan memicu komedo atau menyumbat pori-pori.
  • Menjaga pola tidur yang cukup dan teratur, dengan tidur minimal 6-8 jam per malam, untuk mengurangi risiko breakout yang dipicu oleh ketidakseimbangan hormon akibat kurang tidur.

Cara Atasi Wajah Breakout

Cara Atasi Wajah Breakout

1. Rajin Cuci Muka

Cara atasi wajah breakout yang wajib dilakukan paling dasar adalah mencuci muka. Apabila malas membersihkan wajah sebelum istirahat, biasanya kotoran, debu, dan polusi yang ada di permukaan wajah dapat terinfeksi oleh propionibacterium acne, bakteri yang mengubah sebum di wajah menjadi asam lemak. Kalau dibiarkan terlalu lama, hal ini dapat memicu peradangan berupa kemerahan dan jerawat yang timbul di wajah.

Makanya, TSquad disarankan untuk rajin mencuci muka nggak lebih dari dua kali sehari. Kalau terlalu sering mencuci muka, dikhawatirkan, kulit jadi kehilangan sebum alami yang mengakibatkan wajah jadi memproduksi minyak terus-terusan untuk menyeimbangkan kadarnya.

Untuk lebih aman, gunakanlah pembersih wajah dengan busa lembut, seperti Cleansing Gel Face Wash dan Facial Scrub for Men, cukup dua kali sehari. Kandungan 4x Hyaluronic Acid di dalamnya mampu membersihkan, mencerahkan, sekaligus menjaga kadar kelembapan kulit.

2. Hentikan Penggunaan Makeup

Hentikan Penggunaan Makeup saat wajah breakout

Kalau wajah lagi breakout, ada baiknya kamu hentikan pemakaian makeup untuk sementara waktu, TSquad. Karena siapa tau ada kandungan tertentu pada makeup terkadang mampu memicu alergi pada kulit sensitif. Dengan mengambil waktu untuk beristirahat dari pemakaian makeup, wajah pun jadi bisa bernafas sejenak dan menetralkan kondisi ke semula.

Selain itu, pastikan untuk menghindrasi proses pengaplikasian makeup tanpa mencuci tangan terlebih dahulu atau memakai sponge/brush yang kotor. Karena dapat memicu perpindahan bakteri dari tangan/sponge/brush ke wajah dan mengakibatkan kulit meradang dan jerawat makin parah.

3. Pakai Pelembap

Wajah perlu dioleskan pelembap nih supaya kadar kelembapannya terjaga dan terhindar dari proses pengelupasan pada kulit. Dalam memilih pelembap untuk wajah breakout, carilah produk dengan label β€œnon-comedogenic” ya. Pasalnya, produk ini aman digunakan bagi kulit berjerawat, berminyak, kering hingga kombinasi sekalipun karena tidak memicu timbulnya komedo dan penyumbatan pada pori-pori wajah.

4. Ganti Handuk Wajah

Cara atasi wajah breakout berikunya, yakni mengganti handuk wajah secara rutin. Penggunaannya yang dilakukan berulang-ulang setiap harinya bikin permukaan handuk jadi kotor, sampai akhirnya bakteri menumpuk di sana deh. So, gantilah handuk wajah setiap minggunya dan pastikan wajah benar-benar bersih dari sisa debu, kotoran, dan makeup sebelum diusap ya!

5. Kelola Jam Tidur

mengelola jam tidur untuk mengatasi wajah breakout

TSquad, ternyata wajah breakout dapat dipicu oleh jam tidur yang tidak teratur lho! Makanya, penting banget untuk memperbaiki jam tidur jadi salah satu cara atasi wajah breakout. Soalnya, efek kurang tidur bikin hormon kortisol meningkat yang memicu peradangan pada kulit nih.

Mulai sekarang, yuk kurangi begadang dan atur waktu istirahat di malam hari tidak terlalu larut, serta minimal 6-8 jam. Dengan mengatur ulang kebiasaan tidurmu menjadi lebih rapi, niscaya kulit wajahmu akan kembali sehat dan nggak gampang breakout lagi deh!

6. Tempel Acne Patch

Bagi TSquad yang kondisi breakout-nya adalah berjerawat, kamu bisa pakai acne patch untuk membantu mengatasinya! Pada umumnya, klaim acne patch yang mampu mengatasi jerawat dengan praktis karena memiliki oleh kandungan Benzoil Peroksida, Salicylic Acid, dan Tea Tree Oil. Tiga aktif tersebut dipercaya dapat membantu untuk menenangkan kulit wajah yang breakout karena bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Nggak cuma itu aja, acne patch juga dapat melindungi kulitmu dari kebiasaan memencet jerawat, lho! Kulit jadi terlindungi dari sentuhan permukaan tangan atau objek lainnya yang terdapat bakteri, serta peradangan pada kulit dapat dihindari deh!

7. Konsumsi Air Putih

Terakhir, cara atasi wajah breakout yang tak kalah penting adalah mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari. Seperti yang kita tahu, air putih sangatlah baik dalam menjaga kesehatan kulit karena kemampuannya dalam menghilangkan racun pada kulit, menghidrasi tubuh agar kulit tetap terjaga kelembapannya, serta mengurangi potensi penyumbatan pori-pori di wajah. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan minum air putih sehari-hari agar sistem tubuh berjalan lancar.

Itulah beberapa cara atasi wajah breakout yang bisa kamu coba. Supaya perawatan wajah breakout jadi lebih maksimal, kamu juga bisa melengkapi nutrisi kulitmu pakai sheet mask secara rutin dua kali seminggu, TSquad!


Glosarium:

  • Benzoil Peroksida: Kandungan yang digunakan untuk mengatasi jerawat
  • Acne Patch: Stiker jerawat yang dapat mencegah infeksi dan mengobati peradangan pada wajah

This week’s popular facial wash

Post a Comment

Follow Us Our Social Media

Pages

Shop

Help

You don't have permission to register

Reset Password