Buy now tanskin discont up -20%

Top
Cara Merawat Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak bisa dibilang sebagai tipe kulit yang paling sering dikeluhkan para perempuan, khususnya di negeri tropis seperti indonesia. Sebenarnya, kulit wajah berminyak terjadi karena kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan sebum yang terlalu banyak. Sehingga, menyebabkan kulit jadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat. Eits, tapi jangan langsung menganggap sebum itu musuh kulit berminyak, TSquad! Karena pada dasarnya sebum itu adalah salah satu komponen penting untuk menjaga kulit wajah tetap lembap dan sehat, kok. Sekarang tugasmu adalah mengatasinya dengan cara merawat wajah berminyak. Gimana caranya? Simak langsung pada artikel di bawah ini, yuk!

1. Hindari produk wajah comedogenic

Hindari produk wajah comedogenic

First thing to know, cara merawat wajah berminyak agar tidak semakin parah adalah menghindari memilih produk perawatan wajah yang bersifat comedogenic (menyumbat pori-pori kulit). Contoh kandungan pada produk perawatan wajah atau skincare yang comedogenic antara lain, minyak kelapa, lanolin, alkohol, isopropyl myristate, dan sebagainya. Apabila produk skincare memiliki kandungan-kandungan tersebut, segera letakkan dan pilih yang lain saja.

2. Rutin double cleansing

Selanjutnya, cara merawat wajah berminyak yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan wajahmu dengan double cleansing. Dengan kamu melakukan pembersihan wajah dua tahap ini, kulit wajah yang berminyak pun akan bersih secara optimal dan terhindar dari penumpukkan kotoran ataupun minyak berlebih. Agar mengurangi jumlah minyak pada kulit, kamu bisa melakukan:

  • Membasuh wajah menggunakan air hangat sebelum menggunakan makeup remover.
  • Menghapus makeup dan mengangkat kotoran pada lapisan pertama dengan makeup remover khusus kulit berminyak. 
  • Mencuci wajah dengan facial foam lembut dan khusus untuk kulit berminyak.
  • Tidak menggosok atau mengusap kulit wajah secara berlebihan saat mengaplikasikan facial foam. 
  • Membilas wajah kembali dengan air hangat.

Pastikan melakukan langkah-langkah double cleansing di atas secara rutin, ya.

3. Pakai toner

toner untuk wajah berminyak

Ternyata oh ternyata, nggak hanya berfungsi membantu menenangkan kulit, toner juga bisa digunakan menjadi salah satu cara merawat wajah berminyak, lho. Bagi kamu khususnya pemilik kulit berminyak, bisa memilih toner  yang mengandung alkohol di dalamnya untuk membuat kondisi kulit sedikit lebih kering. Namun, apabila khawatir dan ingin menggunakan toner yang tidak mengandung alkohol, kamu bisa memilih toner dengan kandungan astringent alami. Dengan kandungan astringent alami, dapat membantu mengecilkan pori-pori yang besar dan mengatur produksi sebum di wajah.

4. Maskeran

Sebelum maskeran, kamu perlu tahu kalau tidak semua jenis masker itu cocok untuk merawat kulit berminyak. Jenis-jenis masker yang bisa dipakai kulit wajah berminyak, yaitu masker tanah liat  atau clay mask dan masker sheet mask. Di dalam clay mask, terkandung bahan tanah liat alami yang mampu membersihkan dan mengangkat secara mendalam segala kotoran dan minyak yang menyumbat pori ketika masker mengering dan mengencang. Sementara sheet mask, biasanya mengandung essence yang  diperlukan untuk menutrisi  kulit berminyak.

5. Aplikasikan pelembap

Mungkin banyak dari TSquad mengernyitkan dahi ketika membaca poin ini dan berpikir, “bukankah kulit berminyak malah akan jadi semakin berminyak bila memakai pelembap lagi?”

Jawabannya, tidak. Faktanya, menggunakan produk pelembap yang tepat justru bisa menjadi cara merawat wajah berminyak, kusam, dan bahkan jerawat, lho. Akan tetapi, kamu memang perlu lebih teliti untuk tidak sembarang membeli produk pelembap biasa, tapi pilihlah yang berlabel atau bersifat bebas minyak. Salah satu kandungan pelembap yang bisa digunakan untuk kulit berminyak adalah lidah buaya atau aloe vera. Kandungan ini dipercaya sebagai pelembap yang baik, bahkan untuk kulit berminyak dan berjerawat, karena memiliki efek menenangkan kulit secara alami.

6. Oleskan sunscreen

Cara merawat wajah berminyak yang terakhir adalah rutin mengoleskan sunscreen atau tabir surya. Dengan mengoleskan sunscreen, dapat membantu menjauhkan masalah kulit wajah dari keriput, flek hitam, dan tanda penuaan dini lainnya akibat paparan sinar matahari. Namun, perlu dicatat, tidak semua jenis sunscreen cocok untuk kulit berminyak. Hindari menggunakan sunscreen yang diformulasikan dengan wewangian dan berbahan dasar minyak. Selain itu, pastikan juga untuk rutin mengoleskan sunscreen setiap sebelum beraktivitas baik di dalam rumah, maupun di luar rumah agar kulit wajah terlindungi secara optimal dari paparan sinar matahari berlebih.


Well, merawat kulit wajah berminyak memang tak mudah. Namun, tetap bisa dilakukan dan akan menjadi lebih mudah apabila dibiasakan. Semoga dengan informasi cara merawat wajah berminyak  yang diberikan dalam artikel ini dari Tan Skin Skincare bisa menjadi pengetahuan baru dan bisa diaplikasikan ya, TSquad!

Post a Comment

Follow Us Our Social Media

Pages

Shop

Help

You don't have permission to register

Reset Password